SOAL:
1. Jelaskan peranan statistika dalam penelitian khususnya penelitian pendidikan.
2. Enam belas siswa mengikuti tes senis tes potensi akademik dan memperoleh nilai berikut:
420 345 560 650
459 499 500 657
467 480 505 555
480 520 530 589
a. Ujilah apakah nilai TPA pada populasi yang diwakili oleh 16 siswa ini dapat diasumsikan berdistribusi normal.
b. Ukuran pemusatan apa yang cocok untuk data? Jelaskan mengapa?
3. Misalkan nilai mata kuliah statistika 100 mahasiswa berdistribusi normal dengan rata-rata 65 dan simpangan baku 10. Lengkapilah table berikut.
Interval Nilai | Nilai | Banyak Mahasiswa |
>85 | A | |
71-85 | B | |
55-70 | C | |
40-54 | D | |
<40 | E | |
Jumlah | |
Bila ditemukan 25 berkas ujian statistika dengan nilai rata-rata 70, mungkinkah berkas ujian ini milik mahasiswa dari kelas di atas?
4. Seorang guru membandingkan dua macam metode mengajar dan memperoleh data pada table berikut.
| | S | N |
Metode A | 70 | 5 | 10 |
Metode B | 72 | 4 | 10 |
Dengan asumsi normalitas, ujilah apakah metode B lebih baik dari pada metode A.
5. Dalam pengujian hipotesis, pada dasarnya hipotesis nol selalu ditolak. Komentari pernyataan ini dan jelaskan bagaimana hal ini bisa terjadi.
6. Nilai tes matematika dan tes verbal siswa dalam soal nomor 2 berturut-turut adalah sebagai berikut.
Nilai tes matematika
67 45 68 70
72 85 90 99
50 73 77 78
52 66 89 75
Nilai tes verbal
89 90 78 77
75 70 56 60
77 78 80 92
98 72 77 82
a. Ujilah apakah nilai tes verbal populasi yang diwakili oleh 16 siswa ini lebih tinggi dari pada nilai tes matematika
b. Dengan analisis regresi, tentukan kemampuan mana yang lebih berkonstribusi dalam menentukan nilai TPA pada soal nomor 2. Apakah kedua kemampuan ini merupakan predictor yang baik untuk TPA?