Senin, 12 Maret 2012

Contoh Tujuan Instruksional Khusus dalam Pelajaran Matematika

Jika diberikan pertidaksamaan linear dua variable, Siswa SMK kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran akan dapat menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linear dua variable minimal 90% benar.

Merumuskan Tujuan Instruksional Khusus (TIK)

1.    Pengertian Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Menurut Mager (dalam Nur’aini, 2011) tujuan adalah suatu deskripsi suatu kinerja yang guru ingin peserta didik dapat tampilkan sebelum pendidik menganggap peserta didik kompeten. Sebuah tujuan menggambarkan hasil yang diinginkan dari pembelajaran. Tujuan pada pengertian ini adalah sesuatu yang telah dikuasai oleh siswa dan diketahui oleh pendidik yang mentrasfer kemampuan tersebut. Sesuatu yang dapat dikuasai ini adalah sesuatu yang dapat dilakukan dan ditunjukkan oleh siswa setelah adanya pembelajaran dengan bimbingan guru, atau berupa suatu hasil belajar kearah yang positif
Fred dan Henry (dalam Nur’aini, 2011) mendefinisikan tujuan instruksional