Desain
kurikulum menurut Sukmadinata (dalam Arifin, 2012:3) adalah pola
pengorganisasian unsur-unsur atau komponen kurikulum. Penyusunan desain kurikulum dapat dilihat dari dua dimensi, yaitu:
1. Dimensi
horisontal, berkenaan dengan penyusunan lingkup isi kurikulum.
2. Dimensi
vertikal, menyangkut penyusunan sekuens bahan berdasarkan urutan tingkat
kesukarannya.
POLA-POLA DISAIN
KURIKULUM :
1. Subject
Centered Design
a. Berkembang
dari konsep pendidikan klasik yang menekankan pengetahuan, nilai-nilai
dan warisan budaya masa lalu
b. Kurikulum
dipusatkan pada isi atau materi yang akan diajarkan
c. Tersusun
atas sejumlah mata pelajaran
d. Diajarkan
secara terpisah-pisah
Kekuatan :
a. Mudah
disusun, dilaksanakan, dievaluasi, dan disempurnakan
b.
Pengajarnya
tidak perlu dipersiapkan secara khusus
Kelemahan :
a. Peran
peserta didik pasif
b. Pengajaran
menitikberatkan pada pegetahuan
c. Pengajarannya
yang terpisah-pisah bertentangan dengan kenyataan bahwa pengetahuan merupakan
kesatuan
2. Learnered
centered design
a. Sebagai
reaksi dan penyempurnaan terhadap kelemahan subject centered design
b. Menempatkan
siswa pada kedudukan utama
c. Bersumber
dari pemikiran Rousseau tentang pendidikan alam
d. Organisasi
kurikulum didasarkan minat, kebutuhan, dan tujuan peserta didik
Kekuatan :
a. Motivasi
belajar bersifat intrinsik
b. Pengajaran
memperhatikan perbedaan individual
c. Kegiatan
pemecahan masalah merupakan bekal untuk menghadapi kehidupan di luar sekolah
Kelemahan :
a. Penekanan
pada minat belum tentu cocok untuk menghadapi kenyataan riil
b. Dasar
penyusunan struktur kurikulum tidak jelas karena kurikulum hanya menekankan
minat siswa
c. Lemah
dalam kontinuitas dan sekuens bahan
d. Tidak
dapat diimplementasikan oleh guru biasa, harus guru khusus
3. Problem
centered design
a. Berpangkal
pada manusia dalam kesatuan kelompok yaitu kesejahteraan masyarakat
b. Berangkat
dari pemikiran bahwa manusia sebagai mahluk sosial selalu hidup bersama
c. Isi
kurikulum berupa masalah-masalah sosial
d. Menekankan
baik pada isi maupun perkembangan peserta didik
SUMBER
Arifin. (2012). Macam-Macam
Desain Kurikulum. http://arifin-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/01/macam-macam-desain-kurikulum.html#.UFjcVsxiivQ.
Diakses tanggal 18 September 2012.
Mega, I. (2011). Desain
Kurikulum. http://blog.um.ac.id/intanmega/2011/12/12/desain-kurikulum/.
Diakses tanggal 18 September 2012.